Motor Balap Tercepat Yang Pernah Ada di MotoGP

Motor Balap-MotoGp merupakan arena oleh raga balap motor yang paling tua yang ada dimuka bumi ini, sudah beberapa generasi motor lahir di arena satu ini, tidak hanya skill dan nyali yang bisa diandalkan dalam olah raga ini, melainkan juga tunggangan yang mereka gunakan, dari sekian banyak motor yang sudah merasakan ketatnya persaingan motogp, berikut ini ada beberapa motor balap motogp tercepat sepanjang masa.

MotoGP sendiri awalnya diadakan pada tahun 1949 yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme atau yang biasa disingkat FIM. Ada beberapa kelas yang dipertandingkan dalam acara ini mulai dari 50cc hingga 500cc, dari awal perhelatan hingga sekarang ini, sejarah telah mencatat beberapa motor balap tercepat pada masa motogp ini.

motor balap

4 Motor Balap GP Tercepat

  • MV Agusta 500 Three

Pada era sebelum pabrikan jepang masuk dalam olah raga motogp, pabrikan motor italia MV Agusta menguasai motogp dan salah satu motor legendaris yang melahirkan banyak juara ini adalah MV Agusta 500 Three. Bahkan sejarah telah mencatat pemegang juara motogp terbanyak dengan mengendarai motor satu ini yaitu Giacomo Agustini.

Selain itu beberapa bintang lainnya yang tidak kalah populer yaitu John Surtees dan Mike Hailwood juga pernah merasakan juara lewat motor MV Agusta ini.

  • Honda NSR500

Pabrikan motor jepang memang mempunyai nama tersendiri sekarang ini, tidak hanya pada pasar motor indonesia, pabrikan negeri sakura ini juga berhasil masuk pada pasar belahan dunia lainnya, salah satu yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia adalah honda.

Pabrikan yang sekarang menjadi tempat naungan  marc marquez ini sebelumnya juga pernah terdaftar memiliki motor tercepat yaitu NSR500, Ada beberapa nama populer pernah menunggangi motor satu ini seperti Mick Doohan dan Valentino Rossi yang sekarang masih aktif sebagai pembalap motogp.

  • Yamaha YZR-M1

Motor yang lahir pada tahun 2004 ini mencuri banyak perhatian bagi pecinta motor balap, motor yang dikendarai Valentino Rossi dan juga Jorge Lorenzo ini berhasil merebut juara dan mempertahankannya hingga beberapa musim, sehingga tak salah apabila motor yang satu ini menjadi salah satu jajaran motor balap tercepat yang pernah ada di motogp.

Motor yang satu ini hingga sekarang masih bertahan sebagai andalan tim pabrikan yamaha untuk bersaing pada motogp, dan Valentino Rossi adalah rider yang dipercaya untuk menegendari motor dengan berat 157 kg ini.

  • Honda RC213V

Siapa yang tidak kenal dengan marc marquez yaitu pembalap muda yang berasal dari spanyol yang berhasil mempertahankan gelar juara motogp beberapa tahun terakhir ini, dengan usianya yang masih muda tanpa disangka pembalap yang mempunyai julukan Baby Alien ini berhasil menyingkirkan beberapa kompetitornya seperti lorenzo dan valentino rossi.

Namun tentunya hasil yang sangat gemilang itu disokong oleh tunggangan yang hebat juga dan itu tak lain adalah Honda RC213V. Motor yang dihargai sekitar 7 Miliar ini memang memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya adalah tenaga yang cukup besar, dengan menggunakan motor ini anda akan mudah mencapai 180kpj pada trek lurus.

Selain mempunyai torsi tenaga yang lebih, motor ini juga memiliki keunggulan lainnya salah satunya adalah bobotnya yang ringan, hal ini dikarenakan body yang berbahan serat karbon.

Itulah tadi beberapa motor balap yang pernah tercatat sebagai motor tercepat pada arena motogp, memang patut di akui bahwa pabrikan jepang belakangan ini sangat mendominasi pada ajang ini.