Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Alergi Susu Sapi-Anak adalah anugerah yang paling berharga dalam keluarga, setiap pasang suami istri pastinya mendambakan kehadiran seorang buah hati dalam bahtera rumah tangga mereka, untuk itu bagi anda yang sudah mempunyai buah hati alangkah baiknya dijaga dengan sepenuh hati dan memberikan yang terbaik bagi mereka.

Rata-rata ibu muda sekarang ini lebih banyak menggunakan susu formula dibandingkan dengan susu ASI, padahal air susu ibu atau ASI ini adalah susu terbaik untuk anak sampai umur 6 bulan, namun penggunaan susu formula ini sendiri oleh para bunda bisa disebabkan oleh beberapa faktor, ada yang memang karena air asi mereka tidak keluar atau memang merasa lebih praktis dengan menggunakan susu formula. Akan tetapi terkadang ada suatu masalah yang membuat para bunda menjadi khawatir yaitu terjadinya alergi susu sapi pada bayi.

alergi susu sapi

Penyebab Alergi Susu Sapi Pada bayi

Kondisi ini sebenarnya dikarenakan oleh sistem imunitas pada bayi memberikan respons yang terlalu berlebihan terhadap protein yang terdapat pada susu sapi itu sendiri, sehingga akan menganggap protein yang terdapat pada susu ini berbahaya.

Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Biasanya alergi susu bayi ini bisa kita kenali sejak dini baik itu dengan melihat kondisi bayi yaitu terdapat bercak-bercak dengan warna merah yang disertai dengan rasa gatal atau lainnya seperti di bawah ini:

  1. Diare atau sakit perut
  2. Anak yang terkena alergi susu bayi biasanya akan menurun nafsu makannya, merasa mual dan juga muntah
  3. Alergi ini juga bisa kita kenali dengan membengkaknya sekitar bagian bibir, wajah dan daerah dekat mata
  4. Selain itu biasanya bayi juga akan merasa sesak dalam bernafas

Pada umumnya para bunda ini tidak menyadari bahwa alergi susu ini tidak hanya disebabkan karena mengkonsumsi susu formula akan tetapi makanan yang mengandung susu formula yaitu sebagai berikut.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Bayi Alergi Susu

Adapun makanan yang perlu kita hindari dari baby kita yang mengalami alergi susu bayi diantaranya seperti di bawah ini:

  1. Puding
  2. Mentega
  3. Yoghurt
  4. Es krim
  5. Coklat
  6. Keju
  7. Permen Caramel
  8. Dan sebagainya

Setelah kita mengetahui beberapa informasi terkait alergi susu sapi pada bayi maka selanjutnya adalah cara mengatasi bagi bayi yang terkena akan gejala satu ini.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

1. Air Susu Ibu

Bagi anda yang memiliki anak dengan gejala alergi susu, maka sebaiknya anda membiasakan diri memberikan ASI pada bayi, hal ini sangatlah penting untuk asupan protein bagi bayi itu sendiri.

2. Susu Memiliki Kandungan Hipoalergenik

Memberikan Susu yang mengandung hipoalergenik yaitu susu yang dihasilkan dari pemecahan protein seperti halnya kasien dan juga whey, adapun contoh susu satu ini adalah susu pregestimil, anda bisa membelinya di apotik atau pada market place.

3. Susu Kedelai

Sekarang ini sudah banyak beredar susu kacang kedelai yang dikhususkan untuk bayi, nah bagi bunda yang mengalami alergi susu pada buah hatinya tak ada salahnya untuk mencoba susu kacang kedelai ini.

Dengan memberikan beberapa susu diatas maka kebutuhan gizi bayi anda akan terpenuhi walaupun tidak mengkonsumsi susu formula, bagaimana bunda mudah bukan mengatasi gejala alergi susu yang terjadi pada bayi anda.

Apakah Alergi Susu Sapi Pada Bayi Bisa Disembuhkan

Alergi terhadap susu bayi ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan masa tumbuh bayi, kebanyakan bayi yang terkena gejala ini akan sembuh pada usia dari 3 tahun hingga 5 tahun.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai alergi susu sapi pada bayi, semoga ulasan yang kami share ini bisa bermanfaat bagi bunda semuanya.