Cara Cek No KK Secara Online Berdasarkan Nama

Cara Cek No KK Secara Online Berdasarkan Nama-Perlu kita ketahui bersama bahwa sebagai warga negara Indonesia yang baik, pastinya semua orang memiliki KK atau Kartu Keluarga. Ada banyak sekali kegunaan dari kartu KK ini dalam kehidupan sehari – hari, khususnya yang ada kaitannya dengan pemerintahan pada saat akan menggunakan layanan tertentu, baik itu ketika membuat KTP, mengurus surat – surat, dan lain – lain.

Nah, jika Anda saat ini sedang mencari informasi tentang cara cek no KK secara online berdasarkan nama, itu artinya Anda sedang berada di tempat yang paling tepat. Kenapa demikian? Sebab, pada postingan kali ini kami akan membagikan kepada Anda tentang, cara mudahnya mengecek nomor Kartu Keluarga secara online berdasarkan nama yang nantinya bisa Anda coba praktekan sendiri. Mungkin saja Anda membutuhkan informasi ini karena memang Anda sedang membutuhkan KK tersebut untuk berbagai kepentingan akan tetapi Anda lupa untuk membawa KK, atau karena alasan lainnya. Kini Anda tak perlu bingung lagi untuk bisa cari nomor KK sebab sekarang bisa dilakukan lewat online. Daripada Anda semakin penasaran, langsung saja simak langkah – langkah mudahnya di bawah ini.

Cara Cek No KK Secara Online Berdasarkan Nama

Cara Cek No KK Secara Online Berdasarkan Nama

KK atau Kartu Keluarga ini adalah salah satu dokumen penting yang berisikan data – data anggota keluarga, mulai dari ayah, ibu, anak, dan lain – lain yang berisikan nama, NIK serta info data pribadi lainnya. NIK sendiri merupakan angka atau pun kode unik kependudukan di Indonesia, dimana untuk tiap kodenya terdiri dari 16 digit yang terdiri atas kode provinsi dan lain sebagainya.

NIK tersebut nanti juga bisa digunaakn untuk mengecek data no KK secara online. Oleh sebab itulaah, untuk cek no KK secara online memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, Anda di sini harus masuk terlebih dulu ke website resmi provinsi Anda untuk bisa melakukan pengecekan.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka website resmi provinsi Anda, misalnya http://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk (ini adalah situs resmi pengecekan no KK atau Kartu Keluarga online khusus untuk provinsi Kalimantan Barat).
  • Jika sudah silakan Anda masukan NIK, nama depan dan belakang, dan nama ibu kandung yang ada di dalam no KK.
  • Kemudian lakukan verifikasi dengan cara mencentang Saya Bukan Robot.
  • Terakhir klik Cek.

Sementara itu buat Anda yang juga ingin mengecek status e-KTP online, berikut ini akan kami bagikan langkah mudahnya untuk Anda. Silakan di simak ya!

  • Pertama silakan akses website Pemerintah Daerah atau pun Dinas yang terkait, contohnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tingkat kota maupun kabupaten. Hal tersebut dikarenakan dua instansi ini yang berhubungan langsung dengan pemerintahan pusat lewat Kementerian Dalam Negeri atau MENDAGRI. Caranya mudah sekali, masukan saja nomor IK yang ada di e-KTP Anda ke dalam kolom yang tersedia, lalu klik Cek.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan card Reader e-KTP. Cara tersebut terbilang lebih praktis sebab tidak gunakan bantuan PC, komputer, atau laptop. Card Reader sendiri akan baca chip yang ada dalam e-KTP secara cepat, sehingga lebih memudahkan proses pengecekan data yang ada di dalam e-KTP. Tetapi card Reader ini digunakan hanya untuk instansi terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini artinya untuk melakukan pengecekan Anda harus datang ke kantor instansi terkait.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cek no KK secara online berdasarkan nama. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait

contoh kk aceh
Cara Cek No KK Secara Online Berdasarkan Nama | dani | 4.5