Cara Memperbaiki Format Flashdisk RAW Agar Jadi Format FAT32

Cara Memperbaiki Format Flashdisk RAW Menjadi Format FAT32-Anda harus tahu bahwasannya sebuah flashdisk yang paling banyak digunakan saat ini adalah FAT32, walaupun termasuk format lama. Jika flashdisk gunakan format tersebut, maka Anda nanti akan bisa lakukan format atau menghapus data di dalam flashdisk dengan sangat mudah sekali. Tetapi, di beberapa flashdisk formatnya berubah jadi RAW, jika seperti ini maka bisa dipastikan flashdisk Anda tak akan bisa digunakan lagi seperti biasanya. Apabila format flashdisk RAW, itu artinya harus segera diperbaiki jadi RAT32.

FAT32 sendiri merupakan standar format untuk flashdisk walaupun ada format lainnya yang jauh lebih cepat. Akan tetapi dikarenakan beberapa alasan format flashdisk berubah jadi RAW, sehingga wajib diperbaiki. Buat Anda yang saat ini sedang alami masalah seperti ini, maka Anda bisa simak tips dan cara mudahnya memperbaiki format flashdisk RAW agar jadi format RAT32.

Cara Memperbaiki Format Flashdisk RAW Agar Jadi Format FAT32

Cara Memperbaiki Format Flashdisk RAW Agar Jadi Format FAT32

Tips paling mudahnya untuk perbaiki format flashdisk RAW jadi FAT32 adalah menggunakan program command prompth yang ada di PC, komputer, maupun laptop Anda. Langkah – langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama silakan klik tombol Start, kemudian tekan huruf “R” untuk membutakan CMD.
  • Ketik di CMD perintah format [drive:]/fs:fat32/v lalu Enter.
  • Untuk isi bagian Drive: silakan ganti dengan drive sesuai PC, komputer, atau laptop Anda. Misalnya saja apabila ada di drive C, maka Anda bisa mengganti dengan C:.
  • Setelah itu, proses akan berjalan. Bila sudah selesai, maka flashdisk bisa Anda gunakan lagi.

Cara lain untuk ubah format adalah dengan menggunakan bantuan software OnBelay. Namun sebelumnya Anda masih harus tahu terlebih dulu tentang software tersebut. Yakni dengan menggunakan software ini maka ukuran dari flashdisk Anda nanti akan berkurang cukup banyak. Jadi, apabila Anda memang tidak berkenan, maka Anda tak perlu menggunakannya. Lalu software ini juga berisikan versi free dengan batas waktu selama 15 hari. Tapi, tak perlu khawatir sebab hanya sekali menggunakannya flashdisk Anda akan kembali seperti semula.

Setelah itu Anda bisa lakukan backup file terlebih dulu sebab nanti akan hilang. Apabila sudah siap dengan segala resikonya, maka sekarang Anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Jika sudah didownload, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengekstraknya lalu di ikon OnBelay Anda bisa klik kanan dan pilih Run As Administrator. Atau bisa juga dengan mengeklik 2 kali di ikon software tersebut.
  • Jika sudah nanti akan muncul tampilan, langsung klik saja Next sampai Finish. Tapi mungkin saja Anda harus berikan centang di pilihan sesuai kebutuhan.
  • Tentang software Licence, Anda bisa pilih Yes, kemudian pilih dimana folder destinasi untuk menyimpannya. Maka secara otomatis ada di dalam folder C, tetapi apabila Anda ingin menggantinya silakan klik Browser dan carilah foldernya, kemudian pilih foldernya.
  • Centang pada keduanya, tapi jika tidak Anda bisa memilih yang sesuai kemudian klik apabila Anda ingin membukanya secara langsung, beri checklist di pilihan Launch OnDelay V2.

Lalu untuk cara menjalankan aplikasinya Anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Apabila mendapati Notes, silakan centang di bagian Hide This Dialog During Next Start Up.
  • Kemudian apabila disuruh isi Licence Key tak perlu diisi, klik saja Continue.
  • Pilihlah drive mana saja yang akan diformat. Karena ini adalah flashdisk, sehingga Anda bisa pilih Drive (F:) atau sesuai dengan drive flashdisk Anda. Lanjutkan saja dengan memilih Tab Tools.
  • Ada baiknya Anda pilih Full untuk Format Type, lalu centang Kolom dan klik Format.
  • Saat muncul peringatan, Anda bisa klik saja.
  • Dan bila prosesnya sudah selesai silakan cabut flashdisk Anda.

Demikian informasi tentang cara memperbaiki format flashdisk RAW agar jadi format FAT32. Semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Format Flashdisk RAW Agar Jadi Format FAT32 | dani | 4.5