Langkah Mudah Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas

Langkah Mudah Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas – Ponsel yang cepat panas tentu sangat menggangu. Selain itu jika kondisi panas tersebut kerap terjadi dan tidak ditangani akan membuat HP menjadi lebih pendek umurnya. Ponsel yang cepat panas ini juga berpotensi melakukan reboot ulang secara otomatis. Aplikasi yang dijalankannya pun tidak stabil. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Kondisi ponsel demikian erat kaitannya dengan peforma baterai dan RAM. Maka dari itu cek penggunaan baterai dan RAM pada smartphone terlebih dulu.

Jika anda kerap melakukan pengisian dengan charger non original, potensi ponsel cepat panas bisa anda dapatkan. Selain itu terlalu banyak data di memori internal pun bisa menjadi penyebab lainnya mengapa ponsel cepat mengalami overheating. Pastikan terlebih dulu anda tahu penyebab mengapa ponsel cepat panas. Jika sudah cobalah melakukan berbagai cara mengatasinya. Berikut ini berbagai cara mudah mengatasi hp android yang cepat panas.

android cepat panas

Berbagai Cara Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas

  1. Pilih charger original

Menggunakan charger dengan kualitas sembarangan akan berdampak pada menurunnya peforma baterai. Jika dibiarkan juga akan membuat ponsel cepat panas. Biasakan gunakan charger asli walaupun harganya sedikit lebih mahal. Perangat pengisi yang asli memiliki kemampuan mengisi daya sesuai dengan tegangan yang diperlukan smartphone. Selain meminimalisir risiko panas, chrger original juga bermanfaat untuk memperpanjang usia baterai.

  1. Cek penggunaan Wifi

Sebaiknya aktifkan fitur Wifi jika benar-benar terdapat sumbernya disekitar anda. Jangan terus menerus mengaktifkannya karena akan membuat perangkat cepat panas. Wifi yang terus diaktifkan akan menyebabkan aplikasi di background berjalan secara otomatis yang pada akhirnya menyebabka android cepat panas. Nonaktifkan fitur Wifi jika tidak diperlukan. atau anda bisa mengunduh aplikasi Wifi secara otomatis.

Baca juga :

  1. Kurangi aplikasi aktif di background

Walaupun ponsel dengan RAM besar diciptakan agar perangkat mampu menjalankan fitur multitasking, namun jika anda berlebihan dalam menggunakannya akan membuat ponsel cepat panas. Sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan. Hal ini akan berdampak pada banyaknya aplikasi aktif di latar belakang ponsel. Jika memungkinkan, gunakan aplikasi secukupnya agar peforma smartphone tetap stabil.

  1. Istirahatkan smartphone

Layaknya sebuah mesin, smartphone juga memerlukan waktu untuk istirahat. Jika anda terus menerus menggunakan gadget untuk streaming atau gaming seharian, aktivitas tersebut akan membuat ponsel cepat panas. Lakukan streaming dan gaming secukupnya. Terlebih jika baterai sudah lemah, cepatlah isi daya baterai dan istirahatkan ponsel anda agar tidak cepat panas.

  1. Cek kondisi baterai

Jika anda tidak menjalankan aplikasi berat atau menggunakan ponsel namun perangkat tetap panas, bisa jadi baterai ponsel anda mengalami kerusakan. Cobalah cek usia baterai ponsel anda. bisa jadi baterai dalam kondisi kembung. Segera ganti baterai dengan yang baru. Jika baterai ponsel anda removable maka anda bisa menggantinya sendiri. Namun jika ponsel memiliki baterai non removable, anda mesti membawanya ke servis center.

Itu dia berbagai cara dalam mengatasi android yang cepat panas. Selamat mencoba dan semoga membantu anda.

Langkah Mudah Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas | dani | 4.5