Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Maupun Root

Cara kalibrasi baterai android dimaksudkan untuk mengetahui dan mengatasi statistik baterai yang sudah tidak akurat lagi. Statistik yang ditunjukkan dengan persentase kapasitas baterai tidak menunjukkan kapasitas yang sebenarnya. Masalah bermula jika smartphone baterai sobat sering cepat habis atau baterai boros padahal statistik persentase baterai sebelumnya mencukupi.

Cara kalibrasi baterai android

Bisa juga saat sobat charge hp, indicator nya tidak sesuai. Misal saat baterai di charge, indicator statistik cepat mencapai 100%, namun begitu charger dicabut, indicator kapasitas persentase baterai menjadi drop.

Tidak akuratnya penunjuk statistik kapasitas baterai disini tentunya juga perlu meneliti lebih lanjut, apakah memang benar – benar kondisi baterai sudah tidak bagus lagi atau memang statistik penunjuk kapasitas baterai yang salah atau tidak akurat lagi. Oleh karena itu, kita melakukan cara kalibrasi baterai android agar masalah pada baterai bisa kita ketahui.

Untuk mengetahui baterai hp android kita dalam kondisi norma atau sudah rusak / cacat secara fisik maka bisa kita kita lepas baterai android kita dan amati apakah ada kerusakan fisik pada baterai android kita atau tidak.

Jika ada tanda – tanda baterai menggelembung, atau bagian body retak maka kemungkinan kebocoran baterai bisa saja terjadi.

Jika baterai android sobat mengalami kondisi fisik yang terlihat cacat atau rusak seperti diatas, maka sebaiknya diganti saja, karena kemungkinan baterai boros dan statistik persentase kapasitas baterai tidak akurat disebabkan oleh baterai yang rusak atau cacat tadi.

Jika kita ngotot tidak ingin mengganti bateari tadi, maka akan menjadi langkah percuma untuk mengatasi baterai yang boros meski sudah melakukan proses kalibrasi baterai android berkali – kali.

Hal lain yang perlu dicatat adalah, jika sobat baru saja melakukan upgrade sistem, misal dari Kitkat ke Lollipop kemudian baterai lama – kelamaan menjadi boros, maka penyebab baterai bermasalah tersebut sudah bisa dipastikan karena upgradrade OS atau firmware tadi. Jadi sobat tidak perlu melakukan kalibrasi.

Cara kalibrasi baterai android secara manual

Cara kalibrasi baterai android secara manual bisa melakukan dengan mengikuti langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Charge hp android dalam keadaan hidup sampai 100%
  2. Setelah 100% terisi matikan hp androidnya
  3. Saat kondisi hp mati, charge kembali sampai baterai penuh. Baterai penuh bisa dilihat pada indikator LED hp yang berwarna hijau / ada nada notifikasi pengisian baterai telah full 100%
  4. Jika sudah 100% nyalakan kembali baterai androidnya
  5. Pakai handphone android sobat sampai baterai habis (hp mati sendiri), bisa digunakan dengan browsing atau bermain game
  6. Jika baterai sudah habis, charge kembali hp androidnya dalam keadaan mati sampai 100% terisi kembali (Biarkan sampai 100%, jangan dipakai dulu sampai baterai penuh)
  7. Setelah penuh, nyalakan hp android sobat dan pakai seperti biasa

Langkah – langkah diatas merupakan cara kalibrasi baterai android secara manual. Cukup lakukan jika perlu saja, artinya hanya untuk mengetahui penyebab baterai android kita boros. Karena jika sobat lakukan berkali kali justru akan membuat baterai menjadi lemah dan mudah drop.

Jika telah melakukan cara ini, selanjutnya baterai hp sobat terlihat normal dan indicator persentase baterai dirasa tidak janggal lagi, maka selamat, baterai sobat tidak rusak secara fisik.

Namun jika setelah melakukan langkah – langkah kalibrasi diatas, kemudian baterai sobat masih boros, maka bisa dipastikan baterai sudah rusak dan sebaiknya baterai diganti dengan yang baru.

Baca juga :

Update Versi Terbaru Pengguna Android Nougat, Google Only!

Download Aplikasi dan Ringtone Klakson Telolet Bus Di Android

Cara kalibrasi baterai android Dengan Root

Cara kelibrasi berikutnya adalah jika hp android sobat sudah di root. Caranya lebih mudah lagi, sobat tinggal install aplikasi Battery Calibration yang bisa sobat unduh gratis di Google Playstore.

Banyak review positif menggunakan aplikasi ini, jadi bisa kita coba untuk melakukan kalibrasi baterai hp android kita.

Langkah – langkahnya :

  1. Instal aplikasi Battery Calibration
  2. Isi terlebih dahulu baterai sampai 100%
  3. Setelah penuh tinggal buka aplikasinya dan tap bagian “Calibrate”
  4. Setelah itu, lepas handphone android dari kabel charger
  5. Pakai smartphone android sobat sampai habis baterainya
  6. Setelah habis, charge kembali ponsel sobat sampai penuh. Saat kondisi di charge, jangan dipakai dulu, biarkan baterai sampai full 100%

Setelah selesai di charge 100%, maka sampai disini sobat telah selesai melakukan cara kalibrasi baterai android dengan root. Hp sobat sudah siap dan bisa dipakai kembali. Saat pemakaian apakah hp andoid sobat sudah mengalami perbedaan? Apakah statistik baterai sudah dirasa sesuai dengan pemakaian? Semoga hp android sobat bisa normal kembali.

Pencarian Terkait

cara kalibrasi baterai android root, kalibarasi batere april 2017, cara kalibrasi baterai manual root, aplikasi battery calibrasi akurat for root, indikator baterai android tidak sesuai, Kalibirasi baterai Samsung s63 10 sudah root, kalibrasi android root#spf=1, kalibrasi baterai android root, kalibrasi baterai root, kalibrasi batre
Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Maupun Root | dani | 4.5